Wednesday, October 20, 2010

COLORFULL OF LIFE

By: imey@friendship.life
 
Hari-hariku terakhir ini serasa berwarna sekali, ada kelabu sekelam awan hitam di langit malam, biru menyejukkan sewarna langit disilau mentari pagi. Kadang jingga, kadang merah, hitam, terkadang putih. Tak pasti, tak aku ketahui, penuh kejutan dan sejuta misteri. Membuat kepalaku penuh dengan rasa yang tak jelas, entah penat, entah angan. Hatikupun tak kalah kacau balaunya. 

Ada sedikit cerita OSPEK yang seperti masakan Jepang, sepertinya enak tapi membingungkan. Ada sahabatku dengan rasa Padangnya, pedas! Ada temanku dengan jamunya yang pahit tapi begitu menyehatkan. Membuatnya belajar menelan. Dan diriku sendiri dengan rujak yang terasa pedas, asam, manis dan pahit. Semuanya aku masukkan dalam wadah yang bernama ‘pengalaman hidup’ dan kujadikan gado-gado yang enak disukai semua orang, tapi sebenarnya tidak dapat aku habiskan dan nikmati sendiri. Karena itulah aku berbagi dengan mereka. Untuk belajar menelan!!

Dari sini aku mulai belajar ‘memasak’, mencoba-coba menyelesaikan pembuatan masakan dengan berbagai variasi dan kombinasi. Bisa dengan resep tapi juga belajar tanpa resep, secara otodidak. Karena hanya dengan begitu kita tahu apa yang kita mau untuk dimasukkan dalam wadah itu. Mungkin sekarang belum tahu masakan seperti apa yang aku inginkan dan harus menggunakan metode bagaimana yang sekiranya cocok, sesuai dengan kemampuanku.

Tidak peduli dengan hasilnya bagaimana nanti. Yang terpenting dari sekian itu adalah prosesnya untuk menjadikan sebuah hasil yang memuaskan dan terbaik untuk semua orang dan diriku sendiri. Semakin sering kita diberikan ujian praktek dan dengan menikmati semua proses pembuatan itu maka hasilnya akan terasa nikmat dan berkesan.

                        (dedicate to: ikha, enny, neno, tya, ulee, aisy, yang sudah belajar ‘masak’ bersamaku)

13 april 07

No comments:

Post a Comment