Wednesday, October 20, 2010

surat untuk sahabat

(entahlah, aku kutip dari sebuah buku karena kata-kata ini sangat mengena denganku. maafkan karena aku lupa judulnya. kalo ga salah seri persahabatan. plus ambil dari sumber lain.)

"Persahabatan adalah fitrah manusia
Persahabatan membuat kita lebih baik
Seorang adalah cermin bagi orang yang lain, apabila melihat aib padanya ia segera memperbaikinya.
Sahabat sejati selalu jujur dan menginginkan sahabatnya untuk menjadi baik, baik menurut aturan agama ataupun norma.
Persahabatan mendatangkan ketentraman
Ujian persahabatan adalah saat datangnya kesulitan.
Persahabatan menambah keimanan dan ketakwaan
Seseorang itu sejalan dan memiliki gaya hidup yang sama dengan sahabatnya, maka hati-hatilah dalam memilih sahabat.
Sebab manusia adalah makhluk sosial yang selalu berinteraksi dan berhubungan dengan sesamanya. Karena itu, ia akan cenderung meniru dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Sebaik-baik sahabat atau saudara adalah seseorang yang apabila engkau lupa/salah, maka ia akan mengingatkanmu dan apabila engkau ingat, ia membantumu.
Ini berarti, sahabat sejati akan selalu saling mengisi dan saling bertukar pendapat, agar senantiasa mendapatkan pendapat yang terbaik.
Ia rela berkorban
Ia selalu tanpa pamrih
Ketulusan mencintai sahabat adalah segalanya.
Barangsiapa tidak suka menyakiti, abadilah persahabatan dengannya dan barangsiapa tidak membebani, abadilah kecintaan padanya.
Mendengarkan keluhan dengan sabar walaupun keluhan itu tidak berarti adalah suatu kewajiban persahabatan.
Memiliki seseorang yang mau mendengarkan adalah hal yang paling melegakan.
Dalamnya persahabatan tidak tergantung dari lamanya perkenalan
Akhlak seseorang tergantung dari perilaku sahabatnya. Untuk mengetahui seseorang, lihatlah siapa yang jadi sahabatnya.
Hak-hak persahabatan
1.selalu menolongnya
2.membuatnya bahagia
3. mencintainya apa adanya
4.memaafkan kekeliruannnya

terasa sakit jika sahabat terdekat kita menyakiti hati kita. Sebab kedekatan menimbulkan perasaan dan keinginan untuk lebih diperhatikan, dihargai, dan lebih disayangi. Maka ketika sahabat kita menyakiti kita, rasa kecewa dan sakit akan lebih dalam dibandingkan jika kesalahan itu dilakukan oleh orang yang bukan sahabat.
Cintailah sahabatmu sekadarnya. Cinta berlebihan menghasilkan harapan yang berlebihan pula. Jika tidak terpenuhi, hasilnya jadi sangat menyakitkan.
Janganlah kamu berkawan dengan orang yang selalu mengingat kebaikannya padamu dan selalu melupakan kebaikanmu padanya.
Persahabatan itu hubungan yang setara, timbal balik. Hubungan ‘saling’, saling memberi, saling perhatian, saling menyayangi, dsb

Tips dan trik persahabatan biar awet:
  1. katakan kalau kamu mencintainya/menyayanginya
  2. berilah hadiah
  3. kenali kesukaannya dan hindari ketidaksukaannya
  4. hibur saat ia sedih
  5. lebih banyak memberi
  6. lebih banyak mendengar
  7. menjaga jarak barang sejenak
  8. percaya dan jujurlah padanya
  9. ketulusan dan perhatian
Sabda Rasul: cintailah apa yang kau cintai sewajarnya saja, mungkin suatu hari ia akan menjadi sesuatu yang kau benci. Bencilah apa yang kau benci sewajarnya saja, mungkin suatu hari ia akan menjadi sesuatu yang kau cintai.

Albert Camus: Janganlah berjalan di depanku, aku mungkin tidak dapat mengikuti. Janganlah pula berjalan di belakangku, aku mungkin tidak dapat memimpin. Tetapi, berjalanlah seiring bersamaku dan jadilah sahabatku.
Aristoteles: sahabat terbaikku adalah seorang yang menghendakiku berkeinginan baik demi kepentinganku sendiri.
Pepatah Rusia: sahabat semata akan selalu sepakat denganmu, tetapi sahabat sejati akan selalu berbantahan."
Dan rasanya sedih sekali ketika harus kehilangan seorang sahabat yang telah mengisi sekian tahun dari perjalanan hidup dan begitu berarti. Memang aku terlambat menyadari betapa dia penting dalam hidupku. Dia sudah terlanjur menjauh dan menghilang. Melihat siluet punggungnyapun aku sudah tidak bisa lagi, kini aku hanya bisa berharap dimanapun dia berada dia akan bahagia. Seperti diriku yang sudah menemukan kebahagiaan lainnya.
Meskipun aku akui semuanya tidak lengkap tanpa dirinya. Bagaimanapun juga dia sudah menempati sudut hatiku. Takdir itu sudah tergores dalam buku sejarah hidupku yang tak bisa aku hapus dan akan selalu aku kenang. Selamanya....


untuk sahabatku:
Seperti yang dulu pernah aku bilang padamu, kalau pertemuan itu tidak abadi karena akan selalu ada saat perpisahan. Dan ketika itu terjadi aku berharap perpisahan itupun tidak abadi, akan ada pertemuan lagi. Entah kapan.
Saat itu tiba aku hanya ingin memelukmu dan mengatakan :
terima kasih sudah menjadi bagian dari hidupku
terima kasih sudah menjadi sahabatku
terima kasih untuk tawa itu
terima kasih untuk pelukan itu
terima kasih untuk pengertianmu
terima kasih untuk menjadi penguatku
terima kasih untuk perhatianmu
terima kasih untuk pundak yang kau pinjamkan saat aku menangis
terima kasih untuk maaf yang selalu kau berikan
terima kasih untuk sayangmu
terima kasih untuk semua yang kau berikan padaku
terima kasih.............
aku menyayangi dengan semua kekurangan dan kelebihanmu
karena tanpamu aku tidak akan seperti sekarang ini
maafkan aku...............
belum bisa menjadi sahabat terbaik untukmu
aku akan berusaha

13 april 07

No comments:

Post a Comment